Biang Keladinya Adalah Kamar Tidur Si Kecil

Biang Keladinya Adalah Kamar Tidur Si Kecil

Alergi Si Kecil sering kali kambuh saat ia sedang berada di kamar tidurnya? Jika jawabannya ya, kemungkinan besar sumber alergi Si Kecil terletak di dalam kamar tidurnya.

Di dalam kamar tidur ternyata banyak sekali barang yang bisa menjadi sumber pencetus alergi Si Kecil. Misalnya seprai, boneka, karpet, selimut, hingga penyejuk ruangan. Umumnya alergen pada anak antara lain udara dingin, tungau, jamur, dan kotoran kecoak.

Alergi memang belum ada obatnya, namun bisa dicegah dengan mengenali dan menghindari pencetusnya. Berikut adalah hal-hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah alergi Si Kecil kambuh:

  • Bersihkan rumah terutama kamar tidur dengan rutin. Pastikan debu yang mudah menumpuk di perabotan rumah dibersihkan dengan detail.
  • Cuci seprai, selimut, tirai, dan boneka Si Kecil secara berkala. Lebih baik lagi apabila di kamar Si Kecil tidak diletakkan boneka berbulu atau karpet. Keduanya berpotensi menyimpan debu.
  • Jangan lupa untuk rutin menjemur kasur dan bantal di bawah sinar matahari. Ini akan mematikan tungau debu yang biasanya bersarang di dalamnya.
  • Lakukan kegiatan bersih-bersih saat Si Kecil tidak ada di rumah. Jika terpaksa harus dilakukan saat ia sedang di rumah, pakaikan masker untuk menghindari risiko alergi.
  • Buka semua jendela saat pagi dan siang hari agar rumah tidak lembap. Jangan lupa untuk mencuci saringan penyejuk udara secara berkala untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  • Jika Si Kecil alergi terhadap bulu binatang, sebaiknya di rumah tidak ada hewan peliharaan. Apabila di rumah sudah telanjur memiliki hewan peliharaan, pastikan ia tidak berkeliaran di dalam rumah terutama kamar tidur.

Dengan menghindari pencetus, alergi bisa dicegah. Rutin menjalankan kiat di atas dapat membantu Si Kecil menghindari alergi sehingga ia dapat lebih aktif beraktivitas harian.

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif