Cermat Memilih Olahraga untuk Si Kecil Yang Asma

Cermat Memilih Olahraga untuk Si Kecil Yang Asma

Olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan jasmani. Rutin berolahraga akan membuat kita memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar, otot dan tulang kuat juga memiliki berat badan ideal.

Karena segudang manfaatnya, olahraga sebaiknya dikenalkan pada Si Kecil sejak dini. Anak-anak yang rutin berolahraga tidak mudah jatuh sakit, mudah berkonsentrasi, serta memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes, darah tinggi, dah penyakit jantung ketika mereka beranjak dewasa. 

Untuk Si Kecil yang memiliki asma, olahraga tetap bisa dilakukan secara rutin. Bunda bisa memilih olahraga yang tepat agar Si Kecil dapat berolahraga dengan nyaman tanpa terganggu asma.

Paru-paru Si Kecil yang memiliki asma lebih sensitif jika dibandingkan dengan anak lain yang tidak mengidap asma. Sebaiknya hindari berolahraga di tempat bersuhu ekstrem, baik dingin maupun panas. Suhu yang ekstrem mudah mencetus asma. Pastikan juga lokasi berolahraga bebas polusi, misalnya asap rokok atau asap kendaraan bermotor.

Saat berolahraga, Si Kecil harus selalu bernapas melalui hidung. Bernapas terlalu cepat dan melalui mulut dapat membuat udara yang masuk ke saluran napas menjadi kering. Ini bisa menjadi pencetus kambuhnya asma.

Pilih Olahraga yang Tepat

Olahraga yang paling tepat untuk Si Kecil pengidap asma adalah berenang. Jika dilakukan secara rutin, berenang akan membantu memperkuat otot-otot pernapasan Si Kecil sehingga kapasitas paru-paru membaik.

Olahraga ramah asma lainnya adalah yoga. Sebuah riset yang dipimpin oleh Amy Bidwell yang dipublikasikan pada pertemuan tahunan American College of Sports memerlihatkan fakta bahwa rutin berlatih yoga selama sepuluh minggu dapat meringankan gejala asma.

Agar Si Kecil tidak bosan, aktivitas olahraga bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginannya. Pilihan lainnya adalah bersepeda, golf, atau senam. Selamat mencoba, ya, Bunda.

 

 

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif