Manfaat Olahraga Untuk Si Kecil yang Alergi

Manfaat Olahraga Untuk Si Kecil yang Alergi

Olahraga adalah aktivitas fisik yang diperlukan agar tubuh selalu sehat dan bugar, baik untuk orang dewasa maupun untuk Si Kecil. Manfaat olahraga antara lain memperkuat otot dan tulang serta menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit. Tentunya kebiasaan olahraga harus dibiasakan sejak dini agar dapat menikmati manfaat jangka panjangnya.

Untuk Si Kecil yang memiliki alergi, pasti ia pernah mengalami gejala alergi saat berolahraga. Hal ini dapat mematahkan semangatnya. Namun, jangan biarkan alergi menjadi hambatan bagi Si Kecil untuk berolahraga. Hanya perlu persiapan yang tepat agar Si Kecil dapat berolahraga dengan nyaman tanpa diganggu alergi.

Pilih Lokasi yang Tepat

Alergi muncul karena Si Kecil terpapar pencetusnya. Jadi, Bunda harus mengenali pencetusnya dan membantu Si Kecil menghindarinya. Alergi yang biasanya muncul saat berolahraga adalah asma. Kunci berolahraga dengan alergi asma adalah memilih lokasi yang tepat. Hindari berolahraga di area bersuhu ekstrem, baik dingin maupun panas, karena dapat mencetuskan asma.

Pencetus lainnya adalah udara kering dan polusi. Si Kecil akan lebih nyaman berolahraga di dalam ruangan atau di tempat yang teduh. Apabila kondisi asmanya cukup parah, pertimbangkan aktivitas fisik yang dilakukan di dalam ruangan berpenyejuk udara.

Pilih Olahraga yang Tepat

Kelelahan ternyata bisa mencetus asma. Sebaiknya pilih olahraga yang tidak terlalu intens dan berat. Pilihlah olahraga ringan-sedang seperti berenang, yoga, jogging, senam atau sepeda santai.

Lakukan kiat berikut agar olahraga bisa dilakukan dengan menyenangkan:

  • Sebelum berolahraga, pastikan Si Kecil melakukan pemanasan selama minimal 10 menit.
  • Jangan bernapas melalui mulut, karena ini berarti udara kering yang masuk tidak dapat dilembapkan oleh rongga hidung, sehingga berpotensi mencetuskan alergi.
  • Jika Si Kecil sudah terlihat lelah dan ngos-ngosan, minta ia beristirahat dahulu

Apabila Si Kecil memiliki riwayat kambuh alergi cukup parah, ada baiknya Bunda selalu membawa obat alergi agar dapat memberikan pertolongan yang cepat dan tepat jika alergi kambuh.

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif