MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK

Klikdokter.com - Probiotik adalah organisme bakteri yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Probiotik banyak ditemukan di suplemen atau makanan sehat. Awalnya, banyak yang meragukan manfaat mengonsumsi bakteri, lagipula sudah tersedia antibiotik. Tapi ternyata probiotik memiliki manfaat yang sama banyaknya.

Di dalam sistem pencernaan tubuh kita hidup sekitar 500 jenis bakteri yang berfungsi memelihara kesehatan dan membantu mencerna makanan. Bakteri-bakteri ini juga bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Cara Probiotik Bekerja
Para peneliti percaya bahwa sistem pencernaan tubuh kita akan terganggu bila jumlah bakteri baik tidak seimbang. Kondisi ini terjadi ketika kita terkena infeksi atau setelah mengonsumsi antibiotik. Nah, dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik maka jumlah bakteri baik akan kembali normal. Probiotik akan memperbaiki fungsi usus sebagai salah satu organ pencernaan dan juga melawan bakteri jahat penyebab diare.

Probiotik dan Sistem Kekebalan Tubuh
Di jaman sekarang, berita baiknya adalah semuanya sudah serba higienis. Tapi berita buruknya, hal ini mengakibatkan peningkatan kasus kekebalan tubuh menurun dan penyakit alergi. Kondisi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh tidak ditantang oleh organisme patogenik. Dengan mengonsumsi probiotik sistem kekebalan tubuh akan terlatih melawan bakteri-bakteri.

Seberapa Aman Mengonsumsi Probiotik?
Pada dasarnya probiotik aman dikonsumsi dan memiliki sedikit efek samping. Apalagi sekarang umum sekali ditemui orang yang memakan yogurt, keju, dan makanan lain yang mengandung probiotik. Tapi disarankan bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan sakit serius untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

ARTIKEL TERKAIT

3 Cara Menghadapi Anak Pemalu
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif