Menu Lezat untuk Si Kecil yang Alergi

Menu Lezat untuk Si Kecil yang Alergi

Berdasarkan data dari World Allergy Organization 2013, ada kenaikan signifikan pada jumlah pengidap alergi makanan di negara maju dan negara berkembang, terutama untuk kelompok usia anak-anak. Data mereka juga memerlihatkan bahwa 220-250 juta dari populasi dunia diduga memiliki alergi makanan.

Alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap suatu zat walaupun sebenarnya zat tersebut tidaklah berbahaya bagi tubuh. Gejala alergi dapat muncul di berbagai sistem tubuh. Pada sistem pencernaan, gejalanya dapat berupa mual, muntah, dan diare. Sedangkan pada sistem pernapasan dapat timbul batuk, mengi, sesak napas, dan hidung tersumbat. Dan pada kulit, gejala alergi bisa muncul dalam bentuk ruam merah yang gatal, biduran, serta mata dan bibir bengkak.

Gejala alergi timbul apabila pengidap terpapar alergen atau zat pencetus alergi. Alergen tiap orang berbeda-beda. Alergen yang cukup dikenal antara lain susu sapi, telur, makanan laut, tungau, debu, suhu udara dingin, dan lain-lain. Alergi yang umum ditemukan pada anak-anak adalah alergi makanan.

Secara teori, semua makanan dapat mencetus alergi pada Si Kecil. Namun, makanan yang paling sering menyebabkan alergi antara lain telur, kacang, gluten, susu sapi, makanan laut, dan lain-lain.

Apa yang harus Bunda lakukan jika Si Kecil mengidap alergi makanan? Langkah awalnya adalah mengenali pencetusnya, kemudian memantang makanan yang mengandung pencetus tersebut. Agar Si Kecil tetap bisa mendapatkan nutrisi lengkap, Bunda bisa memberikan makanan lain yang dapat menggantikan asupan gizi dari bahan makanan yang tidak bisa dikonsumsi.

Menyusun menu makanan untuk Si Kecil yang memiliki alergi sering membuat pusing kepala. Tapi sekarang Bunda tidak perlu bingung lagi. Di cekalergi.com ada bagian khusus resep makanan Si Kecil dengan alergi. Bunda bisa mencari resep yang tidak mengandung bahan baku yang bisa menyebabkan Si Kecil alergi. Salah satunya resep lezat berikut ini:

BOLA AYAM BROKOLI

Bahan-bahan:

300 gram ayam fillet (potong-potong)

2 siung bawang putih, cincang halus

100 gram brokoli (rebus sebentar, cincang halus)

1 sdm sagu

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Gula pasir secukupnya

Tusuk sate secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan ayam, bawang putih, sagu, garam, merica bubuk, dan gula pasir ke dalam food processor lalu proses hingga halus
  2. Tambahkan brokoli, aduk rata.
  3. Ambil satu sdt adonan, bulatkan. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  4. Rebus bola ayam hingga mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba!

 

 

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif