PERJALANAN PENYAKIT ALERGI

perjalanan penyakit alergi

Alergi bisa muncul dalam suatu rangkaian yang disebut allergic march , yang umumnya berawal pada masa kanak-kanak. Allergic march terdiri dari beberapa reaksi, seperti alergi makanan, eksim atau dermatitis atopik, asma dan rinitis alergi.

 

Alergi makanan dan dermatitis atopik sangat khas muncul pada awal kehidupan, yaitu pada usia 3-12 bulan. Memasuki usia pra-sekolah, eksim dan alergi makanan (susu, soya, telur) cenderung akan membaik dan menghilang.
 
Asma dan rinitis alergi baru muncul kemudian, umumnya pada usia 3-4 tahun dan berlanjut sampai usia sekolah. Rinitis alergi dan alergi makanan lainnya (kacang, makanan laut) cenderung akan menetap sampai dewasa, demikian pula halnya dengan asma karena alergi.
 
Jika seorang anak mengalami alergi makanan atau dermatitis atopik, maka kemungkinan besar di kemudian hari akan mengalami asma atau rinitis alergi. Beratnya alergi makanan atau eksim pada awal kehidupan ini mempengaruhi persistensi dan beratnya asma ataupun rinitis alergi di kemudian hari.
 
 

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif