Persiapan Berolahraga Untuk Si Kecil Yang Alergi

Persiapan Berolahraga Untuk Si Kecil Yang Alergi

Olahraga adalah aktivitas fisik yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar. Manfaat olahraga untuk Si Kecil antara lain memperkuat tulang dan otot serta menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit. Tak hanya bermanfaat untuk fisik, olahraga juga memiliki manfaat lain untuk Si Kecil, yaitu menumbuhkan rasa sportivitas, meningkatkan kemampuan akademis karena mengajarkan fokus dan pengelolaan waktu, serta mendorong kerja sama.

Dengan segudang manfaatnya tentu Bunda ingin Si Kecil memiliki kebiasaan baik rutin berolahraga sejak dini. Namun, aktivitas Si Kecil seringkali terhambat karena ia mengidap alergi. Bagaimana menyiasati hal tersebut? Simak caranya berikut ini.

Pilih Lokasi Yang Tepat

Alergi muncul apabila Si Kecil terpapar pencetusnya. Kenali dan hindari pencetus alerginya. Biasanya alergi yang muncul saat Si Kecil berolahraga adalah asma. Asma mudah kambuh apabila Si Kecil beraktivitas di area bersuhu ekstrem, baik dingin maupun panas.

Udara kering serta polusi, seperti asap rokok atau asap kendaraan bermotor, juga dapat dengan mudah mencetus asma. Oleh karena itu, pilihlah olahraga yang lokasinya nyaman bagi Si Kecil, misalnya di dalam ruangan atau di area yang teduh.

Pilih Olahraga Yang Sesuai

Kelelahan juga dapat mencetus asma. Ini sebabnya pemilihan olahraga penting dalam kasus anak dengan alergi. Sebaiknya, pilih olahraga yang tidak terlalu intens dan berat. Bunda bisa mengusulkan berenang, yoga, jogging atau sepeda santai.

Sebelum berolahraga, Si Kecil harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Minimal waktu yang disarankan adalah 10 menit. Latih Si Kecil agar selama berolahraga tidah bernapas melalui mulut. Hal ini dikarenakan udara yang masuk melalui mulut tidak melalui proses melembapkan sebagaimana udara yang dihirup lewat rongga hidung. Udara kering yang masuk ke saluran napas berpotensi mencetus asma. Ingatkan Si Kecil untuk beristirahat sejenak, jangan sampai ia terlalu lelah dan ngos-ngosan.

Gunakan Pakaian Olahraga Yang Nyaman

Ruam merah gatal pada kulit bisa muncul saat Si Kecil berkeringat. Pastikan ia memakai pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Selalu sedia handuk kecil untuk menyeka keringat yang keluar. Setelah selesai berolahraga, pastikan Si Kecil mandi dengan bersih dan menggunakan krim pelembap agar kulitnya kembali bersih.

Alergi bukan berarti Si Kecil harus melewatkan beragam manfaat baik olahraga, hanya saja kita harus pintar menyiasatinya.

ARTIKEL TERKAIT

MENGENAL PROBIOTIK, BAKTERI BAIK
LAHIR CAESAR RENTAN ALERGI
5 Kiat Agar Si Kecil Tetap Sehat dan Aktif